Penulis / NIM
NURUL ZIKRIANI / 151414016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Zikriani. 2018. Deskripsi Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Suatu Paragraf Di Kelas V MI AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf di kelas V MI AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsi kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf di kelas V Mi AL Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tehnik observasi, penyebaran tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian tentang kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dari sejumlah 29 siswa yang mampu terdapat 9 atau 31,03% siswa, kurang mampu 16 atau 55,17% dan tidak mampu terdapat 4 atau 13,79%. Dapat disimpulkan bahwa sebagian siswa di Kelas V MI Al Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo sudah mampu menentuka ide pokok dalam sebuah paragraf
Kata kunci: Paragraf, Ide Pokok
Download berkas