Penulis / NIM
ZULKIFLI SAFII / 151414019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
ZULKIFLI SAFII, 2018. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 6 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, S.Pd, M.Hm dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango ?". Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pengaruh pendekatan kontekstual terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pendekatan kontekstual dan variabel terikat pada penelitian yaitu keterampilan berbicara. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 28 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilihat dari pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,56 > 2,05 dengan derajat kebebasan (df) = 27 dan taraf signifikasi 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh pendekatan kontekstual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Berbicara, kontekstual
ABSTRACT
ZULKIFLI SAFII, 2018. The Influence Of Context Approach To The Speaking Skill Of Fourth Grade From SDN 6 Suwawa. Minithesis, Department of Elementary School Teacher, Faculty of Education Science, State University of Gorontalo. Adviser One Dra. Dajani Suleman, S.Pd, M.Hm and Adviser Two Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
The Problem Of This Research Is " Is There Any Influence Of Context Approach To The Speaking Skill Of Student On Bahasa In Fourth Grade SDN 6 Suwawa, Bone Bolango District ?". As for the purpose of this research is to know the influence of context approach to the speaking skill method on fourth grade in Bahasa at SDN 6 Suwawa at Bone Bolango District.
This research is using Pre-Experimental Design with the design One Group Pretest-posttest Design. Free variable to this research is context approach and variable related to this research which is speaking skill. The sample that using on this research is about 28 students. Technique of collecting sample on this research is using saturated sample. Normalization test is using Liliefors test.
The result of this research show that the context approach is has the influence of the student speaking skill on Bahasa lesson was saw from hypotheses test. Achieve tcount > ttable that 9,56 > 2,05 with free degree (df) = 27 and standard significant 0,05. Therefore Ho refuse and Ha accept which is mean there is influence of context approach to the speaking skill of student on Bahasa in fourth grade SDN 6 Suwawa, Bone Bolango District.
KeyWord : Speaking Skill, Context Approach
Download berkas