SKRIPSI

Penulis / NIM
RANITA AULIA PUTRI RAUPU / 151414020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Ranita Aulia Putri Raupu, 2018.Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa Kelas II SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd,M.Pd Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."apakah melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) kemampuan siswa kelas II SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam menulis kalimat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis kalimat melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas II SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan menulis, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal dari jumlah siswa 27 orang dengan ketuntasan sebesar 18,51% atau 5 orang siswa yang mampu, sehingga dilaksanakan tindakan siklus I penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil yang dicapai hanya 29,62% atau 8 orang siswa yang mampu, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, dengan hasil yang mencapai 85,18% atau 23 siswa, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Disaimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis kalimat pada siswa kelas II SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Menulis Kalimat, Model CTL. ABSTRACT Raupu, Ranita Aulia Putri. 2018. Improving Students Ability in Writing Sentences through the Application of CTL (Contextual Teaching and Learning) Model at Grade II Elementary School SDN No.77 Kota Tengah. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Co-Supervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd,M.Pd The purpose of this research is to improve students ability in writing sentences through the application of CTL (Contextual Teaching and Learning) model at Grade II Elementary School SDN No.77 Kota Tengah; this is formulated from the problem of this research. This classroom action research was conducted in two cycles, consisting of plan, action, evaluation, and reflection. Further, the data were collected from observation, test, and documentation. The preliminary observation revealed that only five students (18.51%) out of 27 students were able to write sentences. After implementing cycle 1, this number increases to 29.69% (8 students). Moreover, the result of cycle 2 shows that there are 23 students (85.18%) having an ability to write sentences. This achievement is beyond the target, which therefore, their ability has been improved. Keywords: Writing Sentences, CTL Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011