Penulis / NIM
APRIYANTI HAIDARI / 151414028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Apriyanti Haidari, 2018. Penerapan Media Gambar Seri Dalam Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas V di SDN 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah penerapan media gambar seri dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas V SDN 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media gambar seri dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas V SDN 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas V di SDN 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini berdasarkan hasil kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dimana dari 24 siswa yang mampu sebanyak 16 siswa atau 67% sedangkan 8 siswa atau 33% belum mampu. Dapat disimpulkan bahwa media gambar seri sudah dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis karangan sederhana di kelas V 08 Paguyaman Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Gambar Seri, Menulis Karangan Sederhana
â
ABSTRACT
Haidari, Apriyanti. 2018. The Application of Picture Series in Writing a Simple Essay at Grade V Students, SDN 08 Paguyaman Elementary School, Boalemo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Co-Supervisor: Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd.
This research aims to explore the application of picture series in writing a simple essay at grade V students, Elementary School SDN 08 Paguyaman, Boalemo Regency' this is formulated based on the problem statement of this research. This research employed a qualitative descriptive method.
The results indicate that picture series learning media in writing a simple essay in the site area have been applied as expected. It is from the result of students' ability in writing a simple essay in which 16 students (67%) out of 24 students can perform such a skill, and only eight students (33%) are in the opposite. It is concluded that picture series learning media can develop students creativity in writing a simple essay at grade V students, Elementary School SDN 8 Paguyaman, Boalemo Regency.
Keywords: Picture Series, Writing A Simple Essay
Download berkas