SKRIPSI

Penulis / NIM
HAIRULNISA DJARATI / 151414033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Hairulnisa Djarati. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pantun Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SDN No.49 Kecamatan Hulonthalangi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Hj.Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakah melalui model picture and picture kemampuan siswa kelas IV SDN No.49 Kecamatan Hulontalangi dalam membaca pantun dapat meningkat? Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN No.49 Kecamatan Hulonthalngi dalam membaca pantun dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model picture and picture maka pembelajaran membaca pantun pada siswa kelas IV SDN No.49 Kecamatan Hulonthalngi meningkat. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 7 orang siswa (28%) yang memiliki kemampuan membaca pantun, pada siklus II meningkat menjadi 22 orang (88%) yang sudah memiliki kemampuan membaca pantun. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model picture and picture kemampuan siswa membaca pantun di kelas IV SDN No.49 Kecamatan Hulonthalangi dapat meningkat. Kata kunci : Membaca Pantun, Model Picture and Picture Hairulnisa Djarati. 2018. Improving Pantun Reading Ability Through Picture And Picture Model In Grade IV Students of SDN No.49 in Hulonthalangi District. Essay. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd and Advisor II Dr.Hj.Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. The problems studied in this study are: "Is it through the model picture and picture the ability of fourth grade students of SDN No.49, Hulontalangi District in reading poetry can increase?" can increase. The type of research used is a type of classroom action research using qualitative and quantitative data analysis. The action hypothesis in this study is "if the teacher uses a picture and picture model then learning to read the rhyme in grade IV SDN No.49 Hulonthalngi District increases". The results of class action research obtained data, from 25 students who were subjected to action in the first cycle only 7 students (28%) who had the ability to read rhymes, in the second cycle increased to 22 people (88%) who already had the ability to read rhymes. From the results of the research and discussion conducted, the researchers concluded that by using a model picture and picture the ability of students to read rhymes in class IV SDN No.49, Hulonthalangi District could increase. Keywords: Reading Pantun, Picture and Picture Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011