Penulis / NIM
SITI HARDIANTI NURHAMIDIN / 151414039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Siti Hardianti Nurhamidin, 2018. Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas II SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskrpsi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan prasyarat tes : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan thitung = 6,67 dan ttabel = 2.06 thitung lebih besar dari ttabel (6,67 > 2,06) maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media kantong bilangan terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Kantong bilangan, hasil belajar, penjumlahan, pengurangan, bilangan cacah.
ABSTRACT
Nurhamidin, Siti Hardianti. 2018. The Effect of Number Bag Media on Learning Outcomes of Addition And Substraction of Whole Numbers at Grade II Students of Elementary School of SDN 84 Kota Tengah, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, Co-Supervisor: Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
The problem statement is "Is there any effect of using number bag media on the learning outcomes of addition and substraction of whole numbers at grade II students of Elementary School SDN 84 Kota Tengah Gorontalo City. The purpose of this study was to determine the effect of the use of number bag media on the learning outcomes of addition and subtraction of whole in the research site. This research is a kind of quantitative description research with the design of pre-experimental one group pretest-posttest. Sampling is done by using saturated sampling, meaning that all members of the population are sampled. So that the sample in this study was all class II students as many as 24 students. Data collection techniques are carried out with the requirements of the test: validity test, reliability test, hypothesis testing normality test using t test.
The results show tcount = 6,67 and ttable = 2.06 tcount greater than ttable (6,67 > 2,06) then the results are significant. So that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it is concluded that there is an effect of number bag media on the learning outcomens of addition and substraction of whole numbers at grade II students of Elementary School SDN 84 Kota Tengah Gorontalo City.
Keywords: Number bag, learning outcomes, addition, subtraction, whole numbers.
Download berkas