Penulis / NIM
RINA ANDRIANI BADU / 151414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Rina Andriani Badu, 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Sifat-Sifat Operasi Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas IV SDN 49 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar sifat-sifat operasi bilangan cacah pada siswa kelas IV SDN 49 Hulonthalangi kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar sifat-sifat operasi bilangan cacah pada siswa kelas IV SDN 49 Hulonthalangi kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 49 Hulonthalangi kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tiga prasyarat yakni uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual sebesar 35,18 dan setelah penggunaan model pembelajaran kontekstual sebesar 78,64. Hal ini ditunjukan dari hasil uji-t diperoleh thitung = 52,85 dan ttabel = 2,05 berarti thitung > ttabel. H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar sifat-sifat operasi bilangan cacah pada siswa kelas IV SDN 49 Hulonthalangi kota Gorontalo.
Kata Kunci : Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Cacah, Discovery Learning, Hasil Belajar.
Download berkas