SKRIPSI

Penulis / NIM
MEYIN ISMAIL / 151414043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Ismail, Meyin. 2018. Pengaruh Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Menulis Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II : Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis deskriptif siswa di kelas V SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis deskriptif siswa di kelas V SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Hasil uji normalitas baik variabel X dan variabel Y menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya untuk model persamaan regresi diperoleh adalah Y = 8.050 + 1.062X. Untuk hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa (r) = 0.890. Adapun hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan r2= 0.793. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 9.785 dan sig. 0.00 < 0.05, dengan demikian Ho ditolak yang berarti koefisien membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis deskriptif siswa signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan antara membaca pemahaman dengan hasil belajar menulis deskriptif siswa di kelas V SD Negeri 1 kota Barat Kota Gorontalo Kata Kunci : Membaca: Pemahaman: Menulis: Deskriptif ABSTRACT Ismail, Meyin.2018. The Effect of Reading Comprehension on Studentsâ Learning Outcomes of Descriptive Writing at Grade V of Elementary School SD Negeri 1 Kota Barat, Gorontalo. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Fakulty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Yusuf jafar, M.pd. Co-supervisor: Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. The purpose of this study is to find out the effect of reading comprehension on the Descriptive learning outcomes of students at grade V of Elementary School SDN 1 Kota Barat, Gorontalo, which is generated from the problem of the study. This Type of study employed a regression research method; then, the data were Collected with test, observation, and documentation techniques; the data were Further analyzed by applying SPSS 16 for window software, with Kolmogorov Smirnov calculations model and Shapiro Wilks. The results of the normality test for both the X and Y variables indicated that the Data were normally distributed. Furthermore, for the regression equation model, Y = 8.050 + 1.062X. The calculation of the correlation coefficient showed that (r) = 0.890. As for the calculation of the coefficient of determination showed (r2) = 0.793. The results of the hypothesis test indicated that the value of tcount was 9,785 and sig. 0.00
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011