Penulis / NIM
FITRIYANTI DUNGGIO MOHAMAD / 151414048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Fitriyanti Dunggio Mohamad. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data Kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode penelitian ini, menggunakan jenis kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental tipe one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 35.23 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,06. Uji t menggunakan taraf signifikan = 0,05 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 83.09 > 2.045, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Think Pair Share, Penyajian Data
Mohamad, FitriyantiDunggio. 2018. The Influence of Using Think Pair Share Learning Models on Students' Learning Outcomes in Data Presentation Materials of Grade IV Elementary School SDN 77 Kota Tengah,Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education.UniversitasNegeriGorontalo. Principal Supervisor: Dra. SamsiarRivai, S.Pd, M.Pd. Co-supervisor: Dr. AsniIlham, S.Pd, M.Sc.
The problem statement of this study is whether or not there is an influence in the implementation of Think Pair Share Learning Model on students' learning outcomes in the data presentation material of grade IV Elementary School SDN 77 Kota Tengah, Gorontalo City. The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of Think Pair Share Learning Model on student learning outcomes in the data presentation material of grade IV at the research site. This quantitative research employed Pre-Experimental type one group pretest and posttest. Data collection techniques used in this study are tests (pretest and posttest) while observation and documentation are supporting. Moreover, the samples of this study were 30 students in fourth grade.
The results of this study indicate that the average pretest score is 35.23 and the average posttest value is 80.06. The test uses a significant level of = 0.05 which states that tcount > ttable is 83.09 > 2.045, so H0 is rejected, and Ha is accepted. This it can be concluded that there is an effect of using Think Pair Share Learning Model on students' learning outcomes in the data presentation material of grade IV Elementary School SDN 77 Kota Tengah, Gorontalo City.
Keywords: Think Pair Share, Data Presentation
Download berkas