Penulis / NIM
SUCI ANNISA ABARANG / 151414049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Abarang, Suci Annisa. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Pop Up Pada Siswa Kelas IV SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakah melalui media Pop Up kemampuan siswa kelas IV SDN No. 105 Kota Utara Kota Gorontalo dalam menulis cerpen dapat meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek melalui media Pop Up pada siswa kelas IV SDN No. 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan media Pop Up maka kemampuan siswa dalam menulis cerpen di kelas IV SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo akan meningkat
Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 23 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 12 orang siswa (52%) yang memiliki kemampuan menulis, pada siklus II meningkat menjadi 22 orang (95%) yang sudah memiliki kemampuan menulis. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas VI SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Menulis, Cerita Pendek, Pop Up.
ABSTRACT
Abarang, Suci Annisa. 2018. Improving Grade IV Students Ability in Writing a Short Story through Pop Up Media. A Research Conducted at Elementary School SDN 105 Kota Utara, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor Dra. Hj. Evi Hasim, S.Pd. Co-supervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
This Research examines whether or not the use of Pop Up media improves the ability of grade IV students in writing a short story. It was conducted at elementary school SDN 105 Kota Utara, Gorontalo city. The objective of this research is formulated from the problem statement. Furthermore, this classroom action research analyzes the data in both quantitative and qualitative approach The research hypothesis is that use of Pop Up media improves the ability of grade IV students in writing a short story.
The results in cycle I show that 12 out of 23 students (52%) have good writing skill. There is a rise in the students writing in cycle II where 22 students (95%) are able to write better, the result signifies that the use of Pop Up media improves the ability of grade IV students in writing a short story.
Keywords: Writing, Short Story, Pop Up
Download berkas