Penulis / NIM
MIRNA THALIB / 151414053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Mirna Thalib. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Media Audio Visual Berbasis Karakter Pada Siswa Kelas V SDN 5 Tilango, Kecamatan Tilango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T.Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ..." Apakah melalui media audio visual berbasis karakter kemampuan bermain drama siswa kelas V SDN 5 Tilango dapat meningkat ? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan bermain drama melalui media audio visual berbasis karakter pada siswa kelas V SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ..."jika guru menggunakan media audio visual maka pembelajaran bermain drama pada siswa kelas V SDN 5 Tilango meningkat.
Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 5 orang siswa (20%) yang memiliki kemampuan menulis, pada siklus II meningkat menjadi 19 orang (76%) yang sudah memiliki kemampuan bermain drama. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual kemampuan bermain drama pada siswa kelas V SDN 5 Tilango meningkat.
Kata kunci : Bermain Drama, Audio Visual
ABSTRACT
Mirna Thalib. 2018. Improving the Playability of Drama Through Character-Based Audio Visual Media in Class V Students of SDN 5 Tilango, Tilango District. Essay. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd and Wiwy Advisor II T.Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
The problems examined in this study are: "Is it through the audio-visual media based on the character of the ability to play drama class V students of SDN 5 Tilango can it improve?" Gorontalo Regency. The type of research used is a type of classroom action research using qualitative and quantitative data analysis. The action hypothesis in this study is "if the teacher uses audio-visual media then learning to play drama in class V SDN 5 Tilango increases".
The results of class action research obtained data, from 25 students who were subjected to action in the first cycle only 5 students (20%) who had the ability to write, in the second cycle increased to 19 people (76%) who already had the ability to play drama. From the results of the research and discussion conducted, the researcher concluded that by using audio visual media the ability to play drama in class V students of SDN 5 Tilango increased.
Keywords: Play Drama, Audio Visual
Download berkas