SKRIPSI

Penulis / NIM
DIAH PERMATA SARI IMBA / 151414054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Imba, Diah Permata Sari 2018. Efektivitas Penggunaan Metode Scramble Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan metode scramble efektif dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango ?". Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode scramble dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan jenis penetilian kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan metode scramble efektif dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari indikator efektivitas yang meliputi hasil belajar, kualitas pembelajaran, efektivitas waktu, motivasi guru, pengorganisasian materi, serta kemampuan pengelolaan kelas. Jika dibandingkan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode scramble terdapat peningkatan yang signifikan. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Scramble, IPS ABSTRACT Imba, Diah Permata Sari 2018. "Effectiveness of Implementation of Scramble Method in Social Sciences Subject Learning Activity of Fourth Grade Students of Elementary School, SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango Regency." Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Co-supervisor: Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. The study is aimed at identifying the effectiveness of implementation of scramble method in learning activity of Social Sciences subject of Grade IV class of Elementary School, SDN 1 Bulango Selatan, Bone Bolango regency. It is generated from the problem statement. The descriptive qualitative study employed evaluation method. The data were collected by observation, interview, documentation, and test. The result indicates that the implementation of scramble method is effective in learning activities of Social Sciences subject. This is valued from the effectiveness indicators, i.e. learning outcome, learning quality, effective time management, teacher's motivation, organization of learning material, and capability of class management. The result also suggests that there is a significant improvement between prior to and after the treatment. Keywords: Effectiveness, Scramble method, Social Sciences subject
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011