Penulis / NIM
NURAFNI UTINA / 151414063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nurafni Utina. 2018. Pengaruh Pengalaman Pribadi Terhadap Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh pengalaman pribadi terhadap menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango?". Adapaun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengalaman pribadi terhadap menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian Pre-Eksperimental dengan nama desain "One Group Pretest - Posttes Design". Dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 25 orang. Sampel yang digunakan ialah sampling jenuh yaitu tekhnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sabagai sampel. Tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan validitas konstruck (contruct validity), uji normalitas menggunakan uji Liliefors, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pengalaman pribadi terhadap menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 16,47 sedangkan ttabel 2,064. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel yang berarti normal. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata menulis karangan narasi sebelum menggunakan pengalaman pribadi siswa dan sesudah menggunakan pengalaman pribadi pada siswa kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Karangan Narasi, Pengalaman Pribadi
ABSTRACT
Utina, Nurafni. 2018. The Effect of Personal Experiences on Writing a Narrative Essay at Grade IV Students, Elementary School SDN 6 Bulango Utara, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Co-Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
This research is intended to find out the effect of personal experiences on writing a narrative essay at Grade IV Students, Elementary School SDN 6 Bulango Utara, Bone Bolango Regency; this is formulated from the problem of this research. This quantitative research employed a Pre-Experimentalmethod, namely "One Group Pretest-Posttest" design. All 25 students at grade IV in the site area had become this research population. Saturated sample technique was used in which all population was involved as the research sample. The data were collected from observation, test, and documentation, and were further analyzed by using construct validity. The normality testing utilized Liliefors testing, meanwhile, hypothesis testing employed tcount testing.
The result indicates that personal experiences affect students' ability in writing a narrative essay in the research area. The hypothesis testing obtains tcount= 16.47 and ttable= 2.064, meaning that tcount>ttable. Therefore, H0 is rejected and accepts Ha,signifying that there is an average difference of writing a narrative essay before and after using personal experiences at grade IV students, Elementary School SDN 6 Bulango Utara, Bone Bolango Regency.
Keywords: Narrative Essay, Personal Experiences
Download berkas