SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTI USMAN / 151414064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK Fitriyanti Usman. 2018. Meningkatkan Kreativitas Siswa Memanfaatkan Barang Bekas Melalui Metode Pemberian Tugas (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo).Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang. S,Pd, M,Pd dan Pembimbing II Dra. Evi Hasim,M,Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode pemberian tugas kreativitas siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam memanfaatkan barang bekas dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa memanfaatkan barang bekas melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan refleksi dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas siswa memanfaatkan barang bekas dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas. Hal ini tersebut ditunjukan dengan nilai kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas pada kondisi awal 5% kemudian pada siklus I pertemuan pertama menjadi 8% setelah diberikan tindakan perbaikan siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 37%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama nilai yang dicapai siswa meningkat sebesar 80% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 92%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode pemberian tugas, kreativitas siswa memanfaatkan barang bekas penelitian pada siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Meningkat. Kata Kunci : Barang Bekas, Metode Pemberian Tugas ABSTRACT Usman, Fitriyanti. 2018. Improving Studentsâ Creativity in Utilizing Used Goods through Assignment Methods (Research on Grade IV Students of Elementary of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo Regency). Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Wiwy T. Pulukadang. S.Pd., M, Pd. Co-Supervisor: Dra. Evi Hasim, M.Pd. The problem statement of this study is "Is it through the assignment method of creativity to fourth-grade students of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo Regency in utilizing used goods can increase? The purpose of this study is to improve the creativity of students using used goods in the grade IV students of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo Regency through the assignment method. The subjects in this study were IV grade students of SDN 13 Telaga Biru Gorontalo Regency with 24 students. This study employed a classroom action research that carried out in two cycles, each cycle consisting of four stages, i.e. planning, implementation/action, monitoring, and reflection in two meetings. The results of this study indicate that the creativity of students utilizing used goods can be improved through the assignment method, before treatment, the studentsâ creativity level was 5%. Therefore, in the first cycle of the first meeting there were creative 2 students or 8% and non-creative students were 22 or 92%. Therefore, in the second meeting of the first cycle, there were 9 creative students or 37% and non-creative students numbered 15 people or 63%. Meanwhile, in the first meeting of the second cycle increased creative students numbering 19 people or 80% and in the second meeting become 92%. Thus, it concludes that through the assignment method, the creativity of students utilizing used goods on IV grade students of Elementary of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo regency increases. Keywords: Used goods, Assignment Method.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011