SKRIPSI

Penulis / NIM
PAHRI NAPU / 151414066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Pahri Napu. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Meaning Full Instructional Design Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V Di SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M,Pd Dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya yakni ยข" apakah model pembelajaran Meaning Full Instructional Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 105 Kota Utara ? tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Meaning Full Instructional Design pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo dengan subjek penelitiannya itu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi serta analisis. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa (30%) hal tersebut belum mencapai indicator kinerja yang diharapkan sehingga tindakan selanjutnya ke siklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar, siswa yang meningkatat hasil belajarnya berjumlah 28 siswa (93%). Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang di tetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Meaning Full Instructional Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Meaning Full Instructional Design. Abstract Pahri Napu. 2019. Improving Student Learning Outcomes Through The Meaning Full Instructional Design Learning Model in Science Subjects in Grade V at SDN 105 North City Gorontalo. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education. Gorontalo State University. Mentor I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M,Pd And Mentor II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. This research is a type of class action research, the formulation of the problem is " can the learning model of Meaning Full Instructional Design improve students' learning outcomes in grade V science subjects at SDN 105 North City? The purpose of this study is to improve students' learning outcomes through the Meaning Full Instructional Design Learning Model in science subjects in grade V of SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo with the subject of the study was a class V student of 30 people. This research is a class action study conducted in 2 cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely the stage of preparation, implementation of actions, evaluation and reflection and analysis. The results of the study in cycle I showed that the completed students were 9 students (30%) it has not achieved the expected performance indicator so the next action to cycle II. In cycle II, there was an increase in learning outcomes, with 28 students (93%). The results in cycle II have reached the performance indicator stipulated, so it can be concluded that by using the learning model Meaning Full Instructional Design can improve students' learning outcomes in science subjects in grade V of SDN 105 North City Gorontalo City. Keywords : Learning Model Meaning Full Instructional Design.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011