Penulis / NIM
MUHADJIR TUNA / 151414067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Muhadjir Tuna, 2018. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Dalam Menulis Paragraf Deskripsi di Kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi di kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo. Metode penelitian Pre-Experimental Design desain One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas adalah pendekatan konstruktivisme, variabel terikat adalah menulis paragraf deskripsi. Populasi berjumlah 112 siswa SDN 75 Kota Timur. Sampel seluruh siswa kelas V SDN 75 Kota Timur Kota Gorontalo berjumlah 21 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik uji t dependen/berpasangan.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pendekatan konstruktivisme dalam menulis paragraf deskripsi dengan skor rata-rata hasil menulis paragraf deskripsi siswa di kelas V sebelum menggunakan pendekatan yaitu 52,29 dan sesudah menggunakan pendekatan konstruktivisme meningkat menjadi 69,38. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 17.700 dan ttabel = 2,7961 atau thitung > ttabel, dengan kata lain thitung berada di luar daerah penerimaan hipotesis H0 (H0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (Ha diterima). Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam menulis paragraf deskripsi siswa setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme.
Kata Kunci : Konstruktivisme, Paragraf Deskripsi.
Download berkas