SKRIPSI

Penulis / NIM
RIFA SAKINAH PAPUTUNGAN / 151414070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK Rifa Sakinah Paputungan, 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat Sederhana Berdasarkan Tenses Dasar Dengan Menggunakan Metode Latihan Pada Siswa Kelas VI SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah melalui Metode Latihan Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kalimat Sederhana Berdasarkan Tenses Dasar Dapat Meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat Sederhana Berdasarkan Tenses Dasar Dengan Menggunakan Metode Latihan Pada Siswa Kelas VI SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan refleksi dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa membuat kalimat sederhana berdasarkan Tenses Dasar dengan menggunakan metode latihan, pada siklus I yang mampu 7 orang atau 30 %, yang tidak mampu ada 16 atau 70 %, sedangkan pada siklus II meningkat 19 orang atau 83 %, yang tidak mampu 4 orang atau 17 %. Disimpulkan bahwa melalui metode latihan kemampuan siswa membuat kalimat sederhana berdasarkan Tenses Dasar dikelas VI SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo, Meningkat. Kata Kunci : Tenses Dasar, Metode Latihan ABSTRACT Paputungan, RifaSakinah. Improving Studentsâ Ability in Making A Simple Sentence with Basic Tenses by Using Practice Method at Grade VI Elementary School SD LaboratoriumUniversitasNegeriGorontalo, Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, UniversitasNegeriGorontalo. Principal Supervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd. Co-Supervisor: Dra. EviHasim, M.Pd. This research is aimed at improving studentsâ ability in making a simple sentence with basic tenses by using practice method at grade VI of ElementarySchoolSD LaboratoriumUniversitasNegeriGorontalo. This is formulated based on the problem statement of research. This classroom action research was conducted in two cycles, consisting of planning, action, monitoring, and reflection for each cycle in two meetings. The results reveal that studentsâ ability to make a simple sentence with basic tenses can be improved by applying the practice method by which 7 students (30%) have been able to do such an ability, yet 16 students (70%) have not in cycle I. Further, in cycle II, the percentage is increased that 19 students (83%) have an ability to make a simple sentence, and only four students (17%) are on the contrary. All in all, grade VI students in the site area have a good improvement in writing a simple sentence with basic tenses. Keywords: Basic Tenses, Practice Method
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011