Penulis / NIM
ANDRIYANO ISHAK / 151414071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Andriyano, Ishak 2020. Deskripsi Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan media cerita bergambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas IV SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan jenis penetilian kualitatif deskripsi. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca pemahaman menggunakan media cerita bergambar pada siswa Kelas IV di SDN 1 Kota Barat Kota Gorontalo sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dari jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini semuah siswa sudah mampu membaca pemahaman dengan baik. Hal ini didukung oleh penuturan guru yang mana sebelum masa pandemi sebagian besar siswa yang ada di kelas IV sudah dapat membaca pemahaman dengan baik dengan menggunakan media cerita bergambar. Dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar sudah dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam membaca pemahaman di mana mereka dapat melihat secara langsung dan potensi untuk memahami apa yang diajarkan oleh guru dapat dicerna dengan baik.
Kata Kunci : Membaca Pemahaman,Cerita Bergambar
Download berkas