SKRIPSI

Penulis / NIM
INGKY OKTAVIANA AHMAD / 151414072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Ingky Oktaviana Ahmad. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga kelas IV SDN 48 HulontalangiKota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan pada penelitian ini adalah ..."Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar luas persegi, persegi panjang dan segitigakelas IV SDN 48 Hulontalangi Kota Gorontalo?.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar luas persegi, persegi panjang dan segitiga kelas IV SDN 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji tingkat kesukaran butir soal, uji daya pembeda, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2.506 dan nilai rata ttabel sebesar 1.686. Hasil penelitian diperkuat dengan hasil uji t menggunakan taraf signifikan 0,05 dengan db = N-1 yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2.506 > 1.686. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar luas persegi, persegi panjang dan segitiga kelas IV SDN 48 Hulontalangi Kota Gorontalo Kata kunci : Model pembelajaran make a match, hasil belajar, luas persegi, persegi panjang dan segitiga
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011