Penulis / NIM
MIRANTI HUSAIN / 151414077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Miranti Husain, 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mencipta Syair Lagu Sederhana melalui Metode Karya Wisata Di Kelas V SDN 2 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."Apakah melalui Metode Karya Wisata Kemampuan Siswa Mencipta Syair Lagu Sederhana di Kelas V SDN 2 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat Meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Mencipta Syair Lagu Sederhana melalui Metode Karya Wisata di Kelas V SDN 2 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan refleksi dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa mencipta syair lagu sederhana dapat ditingkatkan melalui metode karya wisata, pada siklus I yang mampu 9 orang atau 34 %, yang tidak mampu ada 17 atau 65 %, sedangkan pada siklus II meningkat 22 orang atau 84 %, yang tidak mampu 4 orang atau 15 %. Disimpulkan bahwa dengan melalui metode karya wisata kemampuan siswa mencipta syair lagu sederhana di kelas V SDN 2 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Mencipta Syair Lagu, Metode Karya Wisata
ABSTRACT
Husain, Miranti, 2018. Improving Grade V Students' Ability to Create Simple Song Lyrics through Field-Trip Method at Elementary School of SDN 2 Telaga Biru, Telaga Biru Sub-District, Gorontalo District. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Co-Supervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
The problem statement of this research is "Can Grade V Students' Ability to Create Simple Song Lyrics at SDN 2 Telaga Biru, Telaga Biru sub-district Gorontalo District be Increased through Field-Trip Method? This study aims to improve grade V students ability to create simple song lyrics through field-trip method.
This research employed a classroom action research design which carried out in two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation/action, monitoring and reflection in two meetings. The results indicate that the ability of students to create simple song lyrics can be improved through the field-trip method. In the first cycle, there were 9 capable students or 34% and 17 incapable students or 65%, meanwhile in the second cycle, there were 22 capable students or 84% and 4 incapable students or 15%. Therefore, it concludes that through the field-trip method, Grade V students' ability to create simple song lyricsat Elementary School of SDN 2 Telaga Biru, Telaga Biru Sub-District, Gorontalo District, increased.
Keywords: Creating Song Poetry, Field-Trip Method
Download berkas