Penulis / NIM
ERMASARI NURSIN / 151414078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Ermasari Nursin. 2018. Deskripsi Penerapan Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri Pada Siswa Kelas IV Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi, Sarjana Pendidikan (SI), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan pendidikan karakter religius dan mandiri pada siswa kelas IV di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian naturalistik. Alasan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif ini karena peneliti ingin mendiskripsikan atau menggambarkan secara apa adanya tentang praktik pelaksanaan pendidikan karakter yang difokuskan dalam pelaksanaan religius dan mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter religius dan mandiri oleh guru kelas IV SD Laboratorium UNG dapat dikategorikan sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dari aspek pengembangan diri yang dilakukan berupa kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian, melalui program-program yang dilaksanakan di sekolah. Pada kegiatan rutin yang dilakukan terbagi menjadi kegiatan rutin harian, minggunan, dan bulanan. Spontanitas merupakan bentuk perilaku dalam melaksanakan kegiatan spontan. Spontanitas yang dilakukan guru kepada siswa berupa arahan, nasihat, serta pujian. Guru merupakan teladan di sekolah untuk itu guru harus berpakaian, bersikap, dan bertutur kata yang baik agar dapat ditiru oleh siswa. Adapun pengkondisian yang dilakukan berupa dukungan sekolah dalam menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung dan menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap akan menjadikan proses penanaman nilai-nilai karakter pada siswa menjadi lebih mudah.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius, Mandiri
Download berkas