Penulis / NIM
DIAN SYAFITRI PUASA / 151414084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Dian Syafitri Puasa. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Media Audio Visual di Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ..."Apakah Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Pada Siswa Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Media Audio visual Siswa di Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan menulis, dan dokumentasi.
Observasi awal tingkat kemampuan rata-rata siswa mampu menulis pidato (14%) atau 3 orang siswa dan (90%) atau 18 orang siswa yang belum mampu menulis pidato. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data, dari 21 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 12 orang siswa (57%) yang mampu dalam menulis pidato, pada siklus II meningkat menjadi 18 orang siswa (85%) yang mampu dalam menulis teks pidato. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyipulkan bahwa dengan menggunakan media Audio Visual kemampuan menulis pidato pada siswa kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Menulis Teks Pidato, Media Audio Visual
ABSTRACT
Puasa, Dian Syafitri. 2018. Improving Speech Writing Ability through Audio Visual Media at Grade V of Elementary School SDN No. 48 Hulontalangi, Gorontalo. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd. Co-supervisor: Dr. Rustam I Husain, S.Ag., M.Pd.
The problem statement of this study is "Can Audio Visual Media Improve the Ability to write Speech at Grade V Students of Elementary SDN No. 48 Hulontalangi Gorontalo?" The purpose is to improve speech writing ability through audiovisual media students in the site area. This study involved 21 students as the subject of the research. Further, the method that used is a classroom action research design conducted in two cycles, i.e. planning, action, evaluation, and reflection. This study uses data collection techniques through observation, writing ability tests, and documentation.
The initial observation of the ability level of the average student was able to write a speech (14%) or 3 students and (90%) or 18 students were not able to write a speech. Based on the results of the study obtained data, from 21 students who were subjected to action in the first cycle only 12 students (57%) were able to write speech, in the second cycle increased to 18 students (85%) who were able to write speeches. It is concluded which based on the result of the study that is by using the Audio Visual media, the ability to write speeches in fifth-grade students of Elementary School SDN No. 48 Hulontalangi, Gorontalo is increasing.
Keywords: Speech Writing, Audio Visual Media
Download berkas