Penulis / NIM
SISWIN N. SULEMAN / 151414086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Siswin N. Suleman. 2018.Pengaruh Model Example non example dalam menulis karangan fiksi pada kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh model Example non example dalam menulis karangan fiksi pada kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Example non example dalam menulis karangan fiksi pada kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango Jenis Penelitian yang digunakan Pre-Eksperimental dengan tipe desain "satu kelompok pretest dan posttes".
Hasil penelitian menunjukkan uji t diperoleh hargathitung sebesar7,49 sedangkan ttabel pada tingkat signifikan 5% diperoleh hargattabel sebesar 2,064. Ternyata harga thitung lebih besar daripada harga ttabel7,49> 2,046 maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Example non example dalam menulis Karangan fiksi pada kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci :Karangan Fiksi, Example Non Example
ABSTRACT
Suleman, Siswin N. 2018. "The Influence of Example-Nonexample Method in Fifth Grade Students' Skills of Writing Fiction Paragraph in SDN Bulango Utara, Bone Bolango Regency" Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd., Co-supervisor: Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
This study intends to elaborate the influence of Example-Nonexample method in fifth-grade students' skills of writing fiction paragraph in SDN Bulango Utara, Bone Bolango regency. The quantitative research employed a pre-experimental design of One Group Pretest-Posttest design.
The T-test result indicates that tcount value is 7.49 and ttable value is 2.064 by significant rate of 5%. Since tcount outnumbers ttable, or 7.49 > 2.046, it is elaborated that the result is significant. This affirms that H0 is rejected and Ha is accepted, which signifies that the hypothesis, i.e. the implementation of Example-Nonexample method contributes to fifth-grade students' skills of writing fiction paragraph in the research site, is valid.
Keywords: Fiction paragraph, Example-Nonexample
Download berkas