Penulis / NIM
						SRI WIWIN LESTARI LABABA / 151414088
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
						Pembimbing 2 / NIDN
						WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
						Abstrak
						ABSTRAK
Sri Wiwin Lestari Lababa, 2018. Meningkatkan Kemampuan Membuat Kolase Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan Melalui Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Kemampuan Membuat Kolase Pada Siswa Di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan.  Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kolase Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tindakan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pemantauan dan evaluasi, 4) analisis dan refleksi. Berdasarkan kemampuan siswa membuat kolase meningkat. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa jumlah hasil Kemampuan siswa  yaitu sebesar 50 % atau 10 orang siswa dari 20 siswa secara keseluruhan. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, jumlah hasil kemampuan siswa menempel meningkat menjadi 85 %. Dengan pengertian bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan sebesar 35 %. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kolase Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan,Kolase, Demonstrasi
						Download berkas