Penulis / NIM
IWAN UMAR / 151414090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
IWAN UMAR.2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menentukan volume balok dan kubus pada siswa kelas V SDN 13 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah ƒ..." apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan menentukan volume balok dan kubus pada siswa kelas V SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan menentukan volume balok dan kubus pada siswa kelas V SDN 13 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kuantitatif dengan bentuk penelitian one grup pretest ƒ" postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes menentukan volume balok dan kubus dalam hal ini melalui pretest dan postest. sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas tes, uji normalitas data, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian diperoleh thitung = 3,91 dan ttabel = 2,09 dengan taraf signifikansi ƒ‚ = 5%. dan db = n-1. Karena thitung lebih besar dari ttabel (3,91 > 2,09) maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan menetukan volume balok dan kubus pada siswa kelas V SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : model think pair share, kemampuan menentukan, volume balok dan kubus
IWAN UMAR,2021. The effect of think pair share learning model on students' ability to determine the volume of beams and cubes in class V of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo Districk. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dia. Samsiar Rioai, S.Pd., M.Pd., and the Co-supervisor is Dra. Maiƒ‹"tiantv Nalole, M.Pd.
The problem statement of this research is wĢhetlier or not there is an effect or think pair share learning model on students" ability to deterlnine the volume of beams and cubes in class V of SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo DistiĢict. This research aims to describe the effect of think pair share learning model on studentsĢ ability to determine the volume of beams and cubes in class V of SDN 13 Telaga Birti, Gorontalo District. This is quantitative desciĢiptive iĢesearch with one pĢoup pretest-posttest design. There are 20 students as the sample, which are taken by using saturated sampling technique. The data collection technique uses tests to determine the volume of beams and citbes tliroiigli the pretest and posttest, also uses observation and documentation as the supporting data. The data analysis technique employs the validity test, data normality test, and hypothesis test.
Based on the finding, it is obtained Tcount 3.91 and Ttabel 2.09 with a significance level of a ƒ" 5%ƒ¢o and df - n-1. Since Tcount IS greater than Ttable, (3.91 > 2.09), so the result is significant, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is an effect of think pauƒ¢ share learning model on stiidents abilitv to deter mine the volume of beams and cut cs m class V of SDN 13 Telaga Birii, Gorontalo District.
Keywords: Tltiiik Pair Share model, Abiliq to Deteritiine koliune of Benms and Cubes
Download berkas