Penulis / NIM
ROHANI K. MAIDJI / 151414091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Rohani K. Maidji. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan ,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Masalah penelitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan model numbered head together terhadap hasil belajar mengubah pecahan biasa ke bentuk persen pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar mengubah pecahan biasa ke bentuk persen pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian pre-experimental. Desain penelitian menggunakan statistik nonparametrik one grup pretest-posttest. Hipotesis penelitian terdapat pengaruh penggunaan model numbered head together terhadap hasil belajar mengubah pecahan biasa ke bentuk persen pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 77,05 dan ttabel = 2,093 sehigga thitung>ttabel. Ini berarti H_0 ditolak dan menerima H_a. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model numbered head together terhadap hasil belajar mengubah pecahan biasa ke bentuk persen pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Mengubah Pecahan, Pecahan Biasa, Pecahan Persen, Hasil Belajar, Model Numbaraed Head Together.
ABSTRACT
Maidji, Rohani K. 2018. The Influence of Numbered Head Together Model on the Grade IV Studentsâ Learning Outcome in Converting Fraction to Percentage, Elementary School SDN 1 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd. Co-supervisor: Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd.
The objective of this research is to find out whether or not the implementation of numbered head together model contributes to the grade IV studentsâ learning outcome in converting fraction to percentage. This is generated from the problem statement of research. The research site was in Elementary School SDN 1 Telaga, Gorontalo Regency. This quantitative descriptive study employed pre-experimental method. Furthermore, the design of the research used a non-parametric statistic one group pretest-posttest. The research hypothesis is that the implementation of numbered head together model contributes to the grade IV studentsâ learning outcome in converting fraction to percentage.
The results show that the tvalue = 77.05 and ttable = 2.093, meaning that tcount > ttable. This signifies that H_0 is rejected and H_a is accepted. In other words, the implementation of numbered head together model contributes to the learning outcome of grade IV students in converting fraction to percentage.
Keywords: Converting Fraction, Fraction, Percentage Fraction, Learning Outcome, Numbered Head Together Model
Download berkas