Penulis / NIM
ABD. RAHMAN SYAUS / 151414093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Syaus, Abd. Rahman 2018. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Alternatif Di Kelas IV SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah media realia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi alternatif di kelas IV SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo?" Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi alternatif di kelas IV SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, sampel yaitu 24 siswa kelas IVA (kelas kontrol) dan 24 siswa kelas IVB (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perbedaan hasil belajar kelas IVA mendapat nilai rata-rata 66,92 sedangkan kelas IVB mendapat nilai rata-rata 79,42 dan berdasarkan pengujian hipotesis thitung > ttabel atau 3,874 > 1.679 dan dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 ttableor 3.874 > 1.679 and the sig value is 0.000 < =0,05. Regarding this, H0is rejected, and H1 is accepted. Therefore, the use of Realia affects students' learning outcome in alternative energy sources learning material of Natural Sciences subject in the site area.
Keywords: Effect, Realia, Learning Outcome, Natural Sciences
Download berkas