SKRIPSI

Penulis / NIM
ANNISA LASIMPALA / 151414098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Annisa Lasimpala. 2018. Deskripsi Pemanfaatan Media Boneka Tangan dalam Menceritakan Pengalaman Di Kelas III SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media boneka tangan dalam menceritakan pengalaman pada siswa kelas III SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan pemanfaatan media boneka tangan dalam menceritakan pengalaman pada siswa kelas III SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrument peneliti sekaligus pengumpul data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang pemanfaatan media boneka tangan dalam menceritakan pengalaman siswa di kelas III SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo dari jumlah 13 siswa yang ikut dalam pembelajaran menceritakan pengalaman dengan memanfaatkan media boneka tangan terdapat sebagian besar siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Siswa terlihat baik dalam menceritakan pengalaman. Serta, guru terbantu dalam menilai siswa dalam berbicara. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media boneka tangan dalam menceritakan pengalaman terlaksanakan dengan baik, Pembelajaran menjadi menyenangkan dan dapat membantu guru meminimalisir masalah dalam pembelajaran. Adapun saran dalam mengajarkan materi berbicara baiknya dapat divariasikan dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, salah satunya media boneka tangan. Kata Kunci : Pemanfaatan media, menceritakan pengalaman. Lasimpala, Annisa. 2018. The Description of Utilizing Hand Puppet in Telling Experiences at Grade III, Elementary School SD Integral Hidayatullah Kota Barat, Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education. Principal Supervisor: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Co-Supervisor: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. This research is intended to describe the utilization of hand puppet in telling experiences at Grade III, Elementary School SD Integral Hidayatullah Kota Barat, Gorontalo City; this is formulated based on the problem of this research. This descriptive research collected the data from observation, interview, and documentation. The result indicates that most of the students out of 13 students involving in the learning process have an excellent ability in telling experiences by using hand puppet. Besides, it is easier for the teacher to assess the students' speaking ability by utilizing such a learning medium. Therefore, the utilization of hand puppet in telling experiences has run very well, creates a fun learning process, and helps the teacher minimize learning problems. It is also suggested for teachers to teach speaking skill by applying various learning media such as hand puppet that can raise students' learning motivation. Keywords: Media utilization, telling experiences.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011