Penulis / NIM
ILHAM HULUKATI / 151414099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Hulukati, Ilham. 2018. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas Berbasis Lingkungan di Kelas VI SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) bagaimanakah kondisi objektif pelaksanaan praktikum di kelas VI SDN 4 Kabila dengan menggunakan panduan praktikum sebelumnya, 2) bagaimanakah panduan praktikum IPA materi konduktor dan isolator panas berbasis lingkungan yang akan dikembangkan di kelas VI SDN 4 Kabila. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mengetahui kondisi objektif pelaksanaan praktikum di kelas VI SDN 4 Kabila dengan menggunakan panduan praktikum sebelumnya, 2) mengembangkan panduan praktikum IPA materi konduktor dan isolator panas berbasis lingkungan di kelas VI SDN 4 Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan menurut Borg and Gall (Sugiyono, 2016) dengan pembatasan sampai pada tahap validasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 4 Kabila dengan jumlah 17 siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian pengembangan panduan diperoleh dari hasil validasi ahli media dengan perolehan skor validasi 90, ahli materi dengan perolehan skor hasil validasi 91 dan praktisi dengan perolehan skor hasil validasi 93. Hasil rekapitulasi tiga validator mendapatkan skor 91,3 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan panduan praktikum IPA berbasis lingkungan materi konduktor dan isolator panas yang dikembangkan layak digunakan serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.
Kata Kunci: Panduan, Praktikum IPA, Berbasis Lingkungan
ABSTRACT
Hulukati, Ilham. 2018. Developing Guideline of Practicum of Natural Subject Discussing Enviromental-Based Conductor and Isolator Heat Panel For Grade VI Students, Elementary School SDN 4 Kabila Bone Bolango Regency. Undegraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Co-Supervisor: Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
The proble statements of this research are: (1) How is the objective conditions of the conduct of practicum at class VI, Elementary School SDN 4 Kabila by implementing the former guideline; (2) How is the guideline of practicum of natural science subject discussing enviromental-based conductor and isolatoe heat panel go grade students, elementary school SDN 4 Kabila, Bone Bolango Regency. This research is aimed at determining the objective condition of the use of the former guideline, and developing a new guideline for the practicum. Furthemore, this research and development model (by Borg and Gall, as cited in Sugiyono, 2016) consisted of some procedures; still, the procedures were limited to product validation step. The subject of this study involved 17 students in the research area. The data were collected from interview, observation, quetionnaire, and documentation. These data werw further analyzed descriptively. The results show more validation score, such as expert validation for media 90, expert validation for material 91, and expert validation of the practicioner 93; the average scor of the variables is 91.3, highly feasible category. In other words. The new guideline is feasible to b implemented and can further advance to the next procedures.
Keywords: Guideline, Natural Science Practicum, Enviromental-Based
Download berkas