Penulis / NIM
SITTI RAHMATIA Y. HILUMALO / 151414100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Hilumalo, Sitti Rahmatia Y. 2018 Pengembangan Panduan Praktikum IPA Materi Energi dan Perubahannya Berbasis Lingkungan di Kelas IV SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) bagaimanakah kondisi objektif pelaksanaan praktikum IPA di kelas IV SDN 4 Kabila dengan menggunakan panduan praktikum sebelumnya, 2) bagaimanakah panduan praktikum IPA materi energi dan perubahannya berbasis lingkungan yang akan dikembangkan di kelas IV SDN 4 Kabila. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mengetahui kondisi objektif pelaksanaan praktikum IPA di kelas IV SDN 4 Kabila dengan menggunakan panduan praktikum sebelumnya, 2) mengembangkan panduan praktikum IPA materi energi dan perubahannya berbasis lingkungan di kelas IV SDN 4 Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey (1990) dengan pembatasan hanya sampai pada tahap mendesain dan melakukan evaluasi formatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 4 Kabila yang berjumlah 15 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi praktisi, dan instrumen analisis kebutuhan siswa. Panduan yang dihasilkan memuat uraian materi dan petunjuk pelaksaan praktikum dengan alat dan bahan yang berasal dari lingkungan sekitar serta dilengkapi dengan latihan soal untuk memperdalam pengetahuan siswa. Hasil penelitian pengembangan panduan yang diperoleh dari hasil rekapitulasi validator memperoleh persentase 88,9% dengan kriteria sangat layak.
Kata Kunci : Panduan, Praktikum IPA, Berbasis Lingkungan, R&D
ABSTRACT
Sitti Rahmatia Y Hilumalo. 2018. The Development of Natural Science Practicum Guidelines in The Environmental-Based Lesson Discussing Energy and Its Transformation at Class IV SDN 4 Kabila Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Co-supervisor: Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
The problems in this research are 1) how the objectiv conditions of the implementation of Natural Science practicum at Class IV SDN 4 Kabila in using the previous guidelines is; 2) how the Natural Science Practicum Guidelines in The Enviromental-Based Lesson Discussing Energy and Its Transformation will be developed at Class IV SDN 4 Kabila. The objectives of this research are 1) to know the objective conditions of the implementation of Natural Science Practicum at Class IV SDN 4 Kabila in using the previous Guidelines, 2) to develop the Natural Science practicum guidelines in the environmental-based lesson discussing energy and transformation. The research uses Research and Development (R & D) method which refers to Dick and Carey development model (1990) with scope onlyto design and to do formative evaluation phases. Futhermore, the subjects of this research were all students of grade IV SDN 4 Kabila, amoungting to 15 students. Instruments in this study were validation tools of media experts, material expert, practitioner, and student needs analysis instruments. Guidelines generated from material descriptions and practicums manual by using tools and material out of the surrounding environment and equipped with exercises deepen students' knowladge. The results of the guidelines devalopment study acquired from the recapitulation validation results attain 88.9% precentage with highly feasible criteria.
Keywords: Guidelines, Natural Science Practicum, Environmental-Based, R&D
Download berkas