Penulis / NIM
NURJANA A.YUSUP / 151414104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Yusup. Nurjana A. 2018 Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd Dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd.M.Pd.
Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu pada siswa kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu.
Hasil penelitian menunjukan, analisis kebenaran jawaban terdapat 51,5 % benar dan 48,5 % jawaban yang salah. Kemampuan siswa ditujukan dengan nilai rata-rata kelas 67,7 %. Siswa mengalami kesulitan dalam hal mengalami isi soal cerita sebanyak 9,5 % siswa, menerjemahkan isi soal cerita ke dalam kalimat matematika sebanyak 0,5 % siswa, menyelesaikan kalimat matematika sebanyak 12 % siswa, dan menguji kembali kebenaran jawaban yang diberikan sebanyak 16 %. Siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dengan kriteria mampu sebanyak 11 siswa dan siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dengan kriteria belum mampu sebanyak 9 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang belum dapat menjawab soal, kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu masih rendah dan siswa mengalami kesulitan yang berfariasi.
Download berkas