Penulis / NIM
ASTUTI S. DALANGO / 151414106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Astuti S. Dalango. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakah kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas III SDN 3 Suwawa meningkat?" Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan media gambar seri maka kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas III SDN 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat".
Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 4 orang siswa (20%) yang memiliki kemampuan menulis, pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (75%) yang sudah memiliki kemampuan menulis. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 3 Suwawa meningkat.
Kata kunci : Karangan Narasi, Gambar Seri
ABSTRACK
Astuti S. Dalango. 2018. improving students' Ability in Writing A Narrative Essay by Using Series Image at Grade III Elementary School SDN 3 Suwawa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Co-Supervisor: Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
This research is intended to improve students' ability in writing a narrative essay by using series image at grade III elementary school SDN 3 Suwawa, Bone Bolango Regency: this is formulate based on the problem statement. this class room action research employed qualitative an quantitative data analysis. The hiphotesis was "if the teacher applies series image learning medium, the students' ability in writing a narative essay in the site area will be improved".
The result shows that only four students 4 out of 20 students (20%) can wrtite a narrative essay cycle I. However, this trend increases in cycle II by which 15 students (75%) are doing well in constructing such an essay. Therefore, the use of the series image is able to improve grade III students' ability in writing a narrative essay.
Keywords: Narrative Esaay, Series Image
Download berkas