Penulis / NIM
TRI PUSPITA SARI ANOM / 151414107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Magic Science Eksperimen Materi Listrik Statis Di Kelas VI SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo
Oleh
Tri Puspita Sari Anom , Gamar Abdullah , Isnanto
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakulatas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo
Email: Tripuspitasarianum@gmail.com
ABSTRAK
Anom, Tri Puspita. 2018 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Magic Science Eksperimen Materi Listrik Statis di Kelas VI SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimanakah model konseptual media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen materi Listrik Statis di kelas VI SDN 11 Limboto 2) Bagaimanakah kondisi objektivitas media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen materi Listrik Statis di kelas VI SDN 11 Limboto 3) Bagaimanakah media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen di kelas VI pada materi Listrik Statis SDN 11 Limboto yang akan dikembangakan. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mengetahui model konseptual media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen materi Listrik Statis di kelas VI SDN 11 Limboto 2) Mengetahui kondisi objektivitas media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen materi Listrik Statis di kelas VI SDN 11 Limboto 3) Mengetahui media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen materi Listrik Statis di kelas VI SDN 11 Limboto yang akan dikembangakan. Berdasarkan hasil dari validasi ahli media menunjukan skor 98. Validasi ahli materi mendapatkan skor 85 validasi ahli praktisi mendapatkan skor 95, dengan hasil rekapitulasi akhir nilai rata-rata 91. Hal ini menandakan media pembelajaran IPA berbasis Magic Science eksperimen di kelas VI pada materi listrik statis yang dikembangkan peneliti memenuhi kategori sangat layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA, Berbasis Magic Science Eksperimen, Listrik Statis.
ABSTRACT
Anom, Tri Puspita, 2018. Developing Magic Science Eksperiment Based Instructional Media for Grade VI, Elementeary School SDN Limboto, Gorontalo Regency, in Disscusing Static Electricity.Undergraduate thesis. Department of primary school teacher education, faculty of education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal supervisior: Gamar Abdullah,S.Si,M.Pd. co-supervisior: Isnanto,S.Pd,M.Pd.
The problem Statements of this research are: (1) How is the conceptual model of magic science instructional media in discussing static Electricity at Class VI, SDN 11 Limboto; (2) How is the objective condition of implementing such and instructional media; and (3) How is the development of the instructional media. This research is aimed at exploring: 1) The conceptual model, (2) The objective condition, and (3) The development instructional media. The model imployed was research and development referring to 4D model by Thiagarajan; the procedure of this study is limited to development step. Further the subject of this study involved 25 grade VI student in the research area. The score of several validation test are 98 for expert validation for instructional media, 85 for expert validation for material, 86 for expert validation for psychology, and 95 for practitioner expert validation; the average scores is 91. In other words the developed intructional media is highly feasible to be implemented in the classroom learning.
Keyword: instructional media for natural science subject magic science experiment basic, static electricity
Download berkas