Penulis / NIM
RIDWAN MAHMUD / 151414114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Ridwan Mahmud, 2019. Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."faktor-faktor apakah yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo? tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor apakah yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran IPS Di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari keinginan untuk belajar, kesungguhan belajar, sikap siswa terhadap guru. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, teman sebaya, media pembelajaran. Oleh sebab itu sangat diperlukan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam membina minat belajar siswa, dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa harapanya segala faktor yang menyebabkan minat belajar siswa dapat teratasi dengan baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni minat belajar siswa sudah maksimal, hal ini dilihat dari segi keinginan siswa dan kesunguhan siswa dalam menerima pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
Kata Kunci : Faktor, Minat Belajar, IPS
Download berkas