SKRIPSI

Penulis / NIM
WARDAWATI S. NGADI / 151414117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Wardawati S. Ngadi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Asli Di Kelas III SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian bilangan asli di kelas III SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian bilangan asli di kelas III SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan Pre-experimental tipe one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo, sampel sebanyak 20 siswa dan teknik pengambilan sampel yakni sampling jenuh. Pada tehnik pengumpulan data dengan prasyarat pengujian tes : uji validitas, uji realiabilitas dan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan asli sebelum menggunakan model pembelajaran think pair share yaitu 57, dan sesudah menggunakan model pembelajaran think pair share yaitu 77.6. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dependen diperoleh thitung = 19.59 dan ttabel = 2.093 pada taraf = 0.05%, sehingga thitung > ttabel. Jadi terbukti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bilangan asli di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo Kata kunci: Perkalian Dan Pembagian Bilangan Asli, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Think Pair Share. Ngadi, Wardawati S. 2018. "Influence of Think Pair Share Learning Model towards Studentsâ Learning Outcome in Topic of Multiplying and Dividing Real Numbers in Elementary School SDN 106 Kota Utara, Gorontalo City.. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Martianty Nalole, M.Pd., Co-supervisor: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd. The study aims to identify the influence of Think Pair Share method towards studentsâ learning outcome in topic of multiplying and dividing real numbers in 3rd grade students of Elementary School SDN 106 Kota Utara, Gorontalo City. It is formulated based on the research questions. The pre-experimental study employed One Group Pretest-Posttest design. 20 students were selected as the research samples by saturated sampling technique from the population of all students in the school. The data were collected and analyzed by validity test, reliability test, normality test, and hypothesis T-test. The result shows that the studentsâ average score in topic of multiplying and dividing real numbers prior to the treatment is 57, moreover, it increases to 77.6 after the treatment. Further, the dependent t test results in tcount = 19.59 dan ttable = 2.093 at degree of 0.05%, thus, tcount outnumbers ttable.. Hence, this signifies that Ho is rejected and Ha is accepted; that being said, the hypothesis, i.e.: Think Pair Share model contributes towards students learning outcome in multiplying and dividing real numbers in the research site, is valid. Keywords: Multiplying and dividing real numbers, Studentsâ learning outcome, Think Pair Share model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011