SKRIPSI

Penulis / NIM
DESTIN R. S. YUNUS / 151414119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Destin R.S Yunus. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Bangun Segi Banyak pada Siswa Kelas IV SDN 106 Kota Utara. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan ,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar bangun segi banyak pada siswa kelas IV SDN 106 Kota Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar bangun segi banyak pada siswa kelas IV SDN 106 Kota Utara. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk one-grup pretets-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 106 Kota Utara, sedangkan pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik sampel jenuh sebanyak 20 orang siswa kelas IV SDN 106 Kota Utara. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan 3 prasyarat: uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata " rata hasil belajar bangun segi banyak sebelum menggunakan model mind mapping yaitu 54,5 dan sesudah menggunakan model mind mapping yaitu 78,25. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dependen diperoleh thitung = 22.8152 dan ttabel = 2.093 sehingga thitung > ttabel pada taraf =0,05. Berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap hasil belajar bangun segi banyak pada siswa kelas IV SDN 106 Kota utara. Kata kunci: Bangun Segi Banyak, Hasil Belajar, Model Mind Mapping. ABSTRACT Yunus, Destin R.S. 2018 The Influence of Mind Mapping Model towards Grade IV Studentsâ Learning Outcomein Discussing Polygon; A Research Conducted at SDN 106 Kota Utara. Undergraduate Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Ismail Pioke, S.Pd., M. Pd. Co-supervisor: Dra. Martianty Nalole, M.Pd. This Research is aimed to find out whether or not implementing Mind Mapping model contributes to learning outcome of grade IV students, elementary school SDN 106 Kota Utara, in discussing polygon. It is generated from the problem statement of research. This pre-experimental research emloyed one-group pretest-posttest. It involved all grade IV students in the research site as the population. Furthermore, as many as 20 grade IV students were selected by using saturated sample. A set of test, comprising validity, reliability, and normality test was due to examine the collected data, while T-test was used to test the Hypothesis. The result shows that the average score of the students prior to implemeting mind mapping is 54.5. It is further increased to 78.25 after the learning model has been implemented. The hypotesis testing, using dependent t-test, shows that the value of tcount= 22.8152 and ttable= 2.093, meaning that Tcount > Ttable at the significant level =0,05. This also signifies that Ho is rejected and Ha is accepted. To put it simply, implementing Mind Mapping model contributes to learning outcome og grade IV students, elementary school SDN 106 Kota Utara, in discussing polygon. Keywords: Quadrilateral, Learning Outcom, Mind Mapping
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011