Penulis / NIM
RIKA LOSPIANTI DAI / 151414122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Rika Lospianti Dai. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Metode Galerry Walk Siswa di Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah Metode Gallery Walk dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini, untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Metode Gallery Walk Siswa di Kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan menulis, dan dokumentasi.
Observasi awal tingkat kemampuan rata-rata siswa mampu menulis puisi (10%) atau 2 orang siswa dan (90%) atau 18 orang siswa yang belum mampu menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data, dari 20 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I pertemuan 1 hanya 7 orang siswa (35%) yang mampu dalam menulis puisi, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 17 orang siswa (85%) yang mampu dalam menulis puisi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyipulkan bahwa dengan menggunakan metode Gallery Walk kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN No. 48 Hulontalangi Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Menulis Puisi, Metode Gallery Walk
ABSTRACT
Dai, Rika Lospianti. 2018. Improving Poem Writing Ability Using The Gallery Walk at Grade V Students Elementary School SDN N. 48 Hulontalangi, Gorontalo City. Undergraduete Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Supervisor: Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
This research examines whether or not the use of gallery walk method is able to improve writing poem skill of grade V students at SDN No. 48 Hulontalangi, Gorontalo City. This is generated from the problem statement of the research. The sample consisted of 20 students at the research site. This classroom action research was conducted in one cycles comprising phases,i.e.,planning, action, evaluation, and reflection. The data collection involved processes, e.g., observation, writing test, and documentation.
The preliminary observation showed that only two students (10%) who are able to write a poem, while the other 18 students (90%) are in the opposite. The results in cycle I of meeting one reveal that 7 out of 20 students (35%) perform well in writing a poem. Furthermore, there is a rice in the students writing in cycle I of meeting two where 17 students (85%) are able to compose a poem. The result signifies that the use of the gallery walk improves the ability of grade V studentsâ in writing a poem.
Keywords: Poem Writing , Gallery Walk Method
Download berkas