Penulis / NIM
GAMARIA MINTI / 151414128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Minti, Gamaria. 2018. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 19 siswa.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 10,40 dan nilai rata-rata posttest sebesar 1,300. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,17 > 2,10 pada taraf 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Sosiodrama, Berbicara.
ABSTRACT
Minti, Gamaria. 2018. The Effect of the Sociodrama Method on Speaking Skills of Grade V Students at Elementary School of SD Negeri 2 Bulango Timur, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. Co-Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
The problem Statement in this study is whether or not there is an influence of the Sociodrama method on the speaking skills of fifth-grade students of SD Negeri 2 Bulango Timur, Bone Bolango Regency. This study is intended to determine the effect of the Sociodrama method on the speaking skills of grade V students at Elementary School of SD Negeri 2 Bulango Timur, Bone Bolango Regency. The model used in this study is a quantitative approach with the experimental design of one group pretest-posttest design. Moreover, the data collection techniques used were tests (pretest and posttest) with observation and documentation as supporting techniques. The samples involved 19 students of grade V.
The results of the average pretest score are 10.40, and the posttest average score is 1,300. The results of these studies are reinforced by the results of the t-test which states that tcount > ttable is 7.17> 2.10 at the level of 0.05. Therefore, H0 is rejected, and Ha is accepted. In this case, it concludes that there is an influence of the Sociodrama method on the speaking skills of grade V students at Elementary School of SD Negeri 2 Bulango Timur, Bone Bolango Regency.
Keywords: Sociodrama, Speaking.
Download berkas