Penulis / NIM
MELDIYANA NOVELIA HARUN / 151414131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Harun, Meldiyana Novelia. 2018. Strategi Pengelolaan Kelas (Studi Kasus Di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) peran guru dalam mendayagunakan potensi kelas; (2) faktor yang menghambat proses pengelolaan kelas; (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah berkaitan dengan pengelolaan kelas; dan (4) strategi pengelolaan kelas di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan kelas guru telah melaksanakan perannya sebagai seorang pembimbing, motivator, fasilitator, demonstrator dan evaluator, sehingga mampu menganalisis setiap masalah baik dari faktor siswa, guru maupun lingkungan fisik dan lingkungan sosio-emosional di dalam kelas. Berkaitan dengan masalah tersebut, guru berupaya melakukan tindakan pencegahan, tindakan korektif serta melibatkan pihak sekolah dan pihak komite. Strategi pengelolaan kelas yang digunakan guru sangat bergantung pada pemilihan pendekatan pengelolaan kelas yang sesuai. Dalam pelaksanaannya guru cenderung menggunakan pendekatan elektis atau pluralistik yaitu dengan memadukan berbagai pendekatan sekaligus dan lebih menekankan pada potensi siswa, serta kreatifitas dan inisiatif guru dalam memilih berbagai pendekatan yang tepat sesuai situasi yang dihadapi di dalam kelas. Dengan demikian, melalui pendekatan elektis ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan guru dalam memilih pendekatan yang potensial guna mengatasi masalah dalam proses pengelolaan kelas.
Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Kelas, Pendekatan Elektis
Harun, Meldiyana Novelia. 2018. Class Management Strategies (A Case Study in Elementary School SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo City). Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Co-supervisor: Samsi Pomalingo, S.Ag., M.A.
The objective of this research is to explore (1) teacher's role in maximizing the potency of the class, (2) factors inhibiting classroom management, (3) teacher's efforts in coping with issues of classroom management, and (4) classroom management strategies. This case study was conducted at elementary school SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo City, and employed a qualitative approach. The data were collected from technical and source triangulations. The result shows that in classroom management, the teacher serves as a counselor, motivator, facilitator, demonstrator, and evaluator. Therefore, the teacher is able to analyze issues revolving around the students, teachers, as well as the physical and socio-emotional environment in the classroom. Regarding this, the teacher endeavors to apply preventive and corrective acts with the involvement of the school and the c
Download berkas