Penulis / NIM
HENDRAWAN SAMAN / 151414132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Saman,Hendrawan. 2018. Pengaruh Media Lingkungan Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media Lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,64. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,99> 2,07pada taraf 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh media Lingkungan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Media Lingkungan, Menulis Narasi.
ABSTRACT
Saman, Hendrawan. 2018. Environmental Media Influence to the Narrative Writing Ability of IV Grade Students in Elementary, SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rusmin Husain M.Pd Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
The problem statement of this research is whether or not there is an influence of environmental media on the ability of writing narration in fourth-grade students SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District. The purpose of this study is to determine the influence of environmental media on the ability of writing narration in fourth-grade students in the research area. This quantitative research employed experimental method with one group pretest-posttest design. Data collection techniques used in this research were tests (pretest and posttest); moreover, observation and documentation were applied as the supporting elements. The samples population for this research were the 22 students of class IV. The average result of the pretest is 66.0 while the average result of posttest is 77.64 which is shown on the result of t count > t table that is 2,99 > 2.07 at level 0,05 means Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it concludes that there is an influence of environmental media on the ability writing narration on students of grade IV Elementary school, SDN 3 Suwawa, Bone Bolango District.
Keywords: Environmental Media, Narrative Writing
Download berkas