Penulis / NIM
HARTIKA TAMPOI / 151414134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Hartika Tampoi, 2018. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Dalam Menulis Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas II Di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diperoleh peneliti, mengenai analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana (pada awal kalimat, nama bulan, nama hari, nama tempat, dan nama orang) dari jumlah 29 orang siswa untuk kriteria sangat mampu dengan skor maksimal 12 huruf kapital yang benar hanya terdapat satu siswa, untuk kriteria mampu dengan skor penilaian 8-11 huruf kapital yang benar terdapat 14 siswa, dan untuk kriteria kurang mampu dengan skor penilaian 3-7 huruf kapital yang benar terdapat 14 siswa. Dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa kelas II di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo yang mengalami kesalahan pada penggunaan huruf kapital dalam menulis kalimat sederhana, sehingga itulah tidak dapat mencapai skor penilaian maksimal.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Huruf Kapital, Kalimat Sederhana.
ABSTRACT
Hartika Tampoi, 2018. An Analysis of Capitalization Error in Writing Simple Sentences in Grade II Students of Elementary SDN 77 Kota Tengah, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rusmin Husain, M.Pd, Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
The problem statement of this research is an analysis of capitalization error in writing simple sentences in second-grade students at the elementary school, SDN 77 Kota Tengah, Gorontalo city. This research is determined to analyze the error of capital letters in writing simple sentences in grade II students in the research area. The method that used in this research is descriptive qualitative research method.
Based on the results of the research and data analysis that have been obtained by the researcher, regarding the analysis of capitalization error in writing simple sentence (at the beginning of sentence, month name, day name, place name, and person's name) from the number of 29 students for very capable criteria with a maximum score of 12 capital letters correct is only one student, the able criteria with the assessment score of 8-11 capital letters correct are 14 students, and for the criteria less capable with a score of 3-7 capital letters correct are 14 students. Therefore, It can be concluded that there are still many second graders in SDN 77 Kota Tengah, Gorontalo city who experience errors in the use of capital letters in writing simple sentences therefore the maximum score could not be achieved well.
Keywords: Error Analysis, Capital Letters, Simple Sentence.
Download berkas