SKRIPSI

Penulis / NIM
MARYAM LASENA / 151414142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Susanti H. Karim, 2018. Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Utama Di Kelas VI SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh metode discovery terhadap kemampuan menulis kalimat utama di kelas VI SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Discovery terhadap kemampuan menulis kalimat utama di kelas VI SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian Pre Eksperimental dengan nama desain One Group Pretest " Posttest. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, treatmen atau perlakuan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan validitas konstruck (contruct validity), uji normalitas menggunakan uji Liliefors, dan pengujian hipotesis menggunakan uji thitung. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh metode discovery terhadap kemampuan menulis kalimat utama di kelas VI SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini dilihat pada nilai rata-rata hasil kemampuan siswa menulis kalimat utama sebelum menggunakan metode discovery yaitu 43,21 dan setelah menggunakan metode discovery yaitu 74,93. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan bahwa uji t diperoleh harga thitung sebesar 13,26 sedangkan ttabel pada tingkat signifikan 5% diperoleh harga ttabel sebesar 2,160. Ternyata harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel (13,26>2,160) maka hasilnya signifikan. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode discovery terhadap kemampuan menulis kalimat utama di kelas VI SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Menulis Kalimat Utama, Metode Discovery ABSTRACT Lasena, Maryam. 2018. Implementing Think Pair Share Cooperative Model: Its Impact towards Grade V Students Speaking at Elementary School SD Negeri 8 Bongomeme, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. The objective of this research is to examine whether or not the implementation of think pair share cooperative model contributes to the speaking skill of grade V students at Elementary School SD Negeri 8 Bongomeme, Gorontalo Regency. This is generated from the problem statement of the research. This quantitative research employed Pre-experimental method with One group pretest-posttest design. The data were collected from test result, observation, treatment, and documentation. These data were further analyzed by using the construct validity test. Liliefors testing was used in the normality test, and the hypothesis was tested by using tcount test. The result shows that the implementation of think pair share (TPS) cooperative model contributes to the speaking skill of grade V students in the research site. This is based on the increase in the average score of the students test from 52.60 (prior to implementing the TPS approach) to 67.00 (after implementing the TPS approach). Furthermore, the value of tcount, based on the result of the t-test, is at 14.70 and the ttable is at significant level 5% with the value 2.085. This indicates that the tcount value outweighs the ttable (14.70 > 2.085), indicating a significant result and it confirms that H0 is rejected and Ha is accepted. In conclusion, the implementation of think pair share (TPS) cooperative model positively impacts the speaking skill of grade V students in the research site. Keywords: Speaking, Think Pair Share Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011