Penulis / NIM
REYSKI EMAN PILOMALI / 151414154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Pilomali, Reyski Eman. 2018. Pengaruh Penggunaan Multimedia Compact Disk (CD) Interaktif pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim S.Pd, M,Si dan Pembimbing II Dr. Isnanto S.Pd, M,Ed
Rumusan masalah dalam penelitian ini ..."Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Multimedia Compact Disk (CD) Interaktif pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Compact Disk (CD) pada Pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Model penelitian ini, pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 27 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,85 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,59. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t menggunakan taraf signifikan 0,05 (95% berpengaruh, 5% tidak berpengaruh) yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,13 > 2,06, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Multimedia Compact Disk (CD) Interaktif dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi perubahan wujud benda di Kelas III SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo
Kata Kunci : Multimedia CD Interaktif, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Wujud Benda
ABSTRACT
Pilomali, Reyski Eman. 2018. The Effect of the Use of Interactive Multimedia Compact Disk (CD) on Students Learning Outcome in Science Subject (Topic: Change of Substance) (a Case Study in Grade III of Elementary School SDN 90 Sipatana, Gorontalo City). Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education. Universitas NegeriGorontalo. Principal Supervisor: Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M,Si. Co-supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd., M,Ed.
The problem statement of this research is: ..."Is there any Effect of the Use of Interactive Multimedia Compact Disk (CD) on Students Learning Outcome in Science Subject (Topic: Change of Substance? The purpose of this research is to find out The Effect of the Use of Interactive Multimedia Compact Disk (CD) on Students Learning Outcome in Science Subject (Topic: Change of Substance). This research model is a quantitative approach to the experimental method with the design of one group pretest-posttest design.
The data were collected by using pre-test and post-test as the main instruments, while observation and documentation as supporting instruments. Therefore the sample of this research was all students or 27 students of Grade III. The results of the average pretest score were 66.85,and the posttest average value was 77.59. The result supported by the result of t-test by using 0,05 level of significance (95% influence, and 5% non-influence) which state that the tcount>tlist or 4,13 > 2,06, so the H0is rejected and Ha is accepted. Therefore, the conclusion is the Use of Interactive Multimedia Compact Disk (CD) affects Students Learning Outcome in Science Subject (Topic: Change of Substance).
Keywords: Interactive Multimedia CD, Learning Outcomes, Learning Sciences, Substance Form
Download berkas