Penulis / NIM
SRI DEWI PANIGORO / 151414158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
SRI DEWI PANIGORO. 2018. ..."Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi (Jurispudential Inquiry) Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 06 Batudaa Kabupaten Gorontalo . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd dan pembimbing II Dra.Elmia Umar, M,Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."Bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran jurisprudensi pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 06 Batudaa Kabupaten Gorontalo ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa dengan mengunakan model pembelajaran jurisprudensi pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 06 Batudaa Kabupaten Gorontalo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuaitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan siswa berfikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran telaah yurisprudensi mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 06 Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat diklasifikasikan dari 25 orang siswa ada 20 atau 80% siswa yang sudah mampu berfikir kritis dan 5 orang siswa 20% siswa yang tidak mampu berfikir kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 06 Batudaa Kabupaten Gorontalo sudah mampu dalam berfikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran telaah yurisprudensi
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Jurispudential Inquiry
ABSTRACT
PANIGORO, SRI DEWI. 2018. ..."Students Critical Thinking Ability through Jurisprudential Inquiry Learning Model in Civics Education Subject at Grade IV Elementary School SDN 06 Batudaa, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd. Co-Supervisor: Dra.Elmia Umar, M.Pd
This research aims to find out students critical thinking ability by using the Jurisprudential Inquiry learning model in Civics Education subject at grade IV Elementary School SDN 06 Batudaa, Gorontalo Regency; this is formulated from the problem statement of this research. A qualitative descriptive method was employed in this research.
The results indicate that 20 (80%) out of 25 students have been able to think critically and five students (20%) are on the contrary. Therefore, students at Grade IV in the site area can think critically by applying the jurisprudential inquiry learning model.
Keywords: Critical Thinking, Jurisprudential Inquiry Model
Download berkas