Penulis / NIM
MEISYA NAWAY / 151414163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Meisya Naway. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SDN 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaituApakah melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 2 Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas V SDN 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pada observasi awal diperoleh data dari 25 orang siswa hanya 2 orang siswa (8%) yang mampu menulis puisi. Selanjutnya hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dari 25 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 9 siswa (36%) yang memiliki kemampuan menulis puisi, pada data siklus II meningkat menjadi 23 siswa (92%) yang sudah memiliki kemampuan menulis puisi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Explicit Instruction kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 2 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Model Pembelajaran Explicit Intruction
Download berkas