Penulis / NIM
RIMANTI VIONITA POLAPA / 151414167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Rimanti Vionita Polapa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SDN No 83 Sipatana Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo; Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar. M.Pd dan Pembimbing II Sumarni Mohammad, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SDN No 83 Sipatana Kota Gorontalo Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SDN No 83 Sipatana Kota Gorontalo Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini hanya ada satu veriabel yaitu veriabel dependen atau Kemampuan membaca pemahaman yang dilambangkan dengan simbol X.Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes. Sebelum menggunakan model pembelajaran Picture and picture (X1) yaitu 62,68 dan nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran Picture and picture (X2) yaitu 75,40. Setelah dilakukan pengujian hipotesis berdasarkan uji t dependen diperoleh thitung sebesar 10,42 dan ttabel 1,72. Karena thitung ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ ttabel maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya hipotesis penelitian maka rata-rata hasil tes kemampuan membaca pemahaman dipengaruhi oleh model pembelajaran Picture and picture.
Kata kunci : Model pembelajaran Picture and picture, dan Kemampuan
Membaca pemahaman.
ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚
Download berkas