SKRIPSI

Penulis / NIM
MEILAN SARI DUDOKIA / 151414170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Meilan Sari Dudokia. 151414170. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 2 OllotKabupaten Bolaang Mongondow Utara, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin NovitaArifin, S,Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ยข"Apakah penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Ollot Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 2 Ollot Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dari 17 siswa, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai criteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 9 siswa dengan presentase 52,94%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 15 siswa dengan presentase 88,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Ollot Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran PBL
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011