SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVITA ANGGRIANI KAHARU / 151414177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK Novita Anggriani Kaharu. 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Pengalaman Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) Kelas V SDN 04 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd. Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah âApakah melalui model Numbered Heads Together (NHT) kemampuan siswa kelas V SDN 04 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dalam menulis cerita pengalaman dapat meningkat?â Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pengalaman pada siswa kelas V SDN 04 Suwawa Kabupaten Bone Bolango melalui model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan refleksi dalam dua kali pertemuan. Observasi awal tingkat kemampuan rata-rata siswa dalam menulis cerita pengalaman (26%) atau 8 orang siswa, dan 73% atau 22 orang siswa yang belum mampu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis cerita pengalaman dapat ditingkatkan melalui model Numbered Heads Together (NHT), pada siklus I yang mampu 11 orang atau 36 %, yang tidak mampu ada 19 atau 60%, sedangkan pada siklus II meningkat 28 orang atau 93 %, yang tidak mampu 2 orang atau 7%. Disimpulkan bahwa dengan melalui model Numbered Heads Together (NHT), kemampuan menulis cerita pengalaman pada siswa kelas V SDN 04 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat Meningkat. Kata Kunci : Cerita Pengalaman, Numbered Heads Together (NHT) ABSTRACT Kaharu, Novita Anggraini. 2018. Improving Studentsâ Ability in Writing Experiences by Using Numbered Heads Together (NHT) Model at Grade V Elementary School SDN 04 Suwawa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Evi Hasim, M.Pd. Principal Supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum. The objective of this research is to improve studentsâ ability in writing experiences at grade V Elementary School SDN 04 Suwawa, Bone Bolango Regency by using Numbered Heads Together (NHT) model; this is formulated from the problem statement of this research. This classroom action research was conducted in two cycles, consisting of planning, action, monitoring, and reflection for each cycle in two meetings. The preliminary observation showed that eight students (26%) were averagely able to write down their experiences, yet 22 students (73%) were in the opposite. The results reveal that studentsâ ability in writing experiences can be improved by applying the Numbered Heads Together (NHT) model by which 11 students (36%) have been able to write their experiences, yet 19 students have not in cycle 1. Further, in cycle 2, the percentage is increased that 28 students (93%) can write experiences, and only two students (7%) are on the contrary. Therefore, the Numbered Heads Together (NHT) model is able to improve studentsâ ability in writing their experiences. Keywords: Experiences, Numbered Heads Together (NHT)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011