Penulis / NIM
CINTIA MOHAMAD / 151414178
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad.Cintia. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Mengunakan Metode Latihan di kelas II SDN 08 Tilango Kabupaten Gorontalo Kelas II SDN 08 Tilango. Skripsi, Sarjana Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. HJ. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah melalui metode Latihan kemampuan siswa Latihan kelas II SDN 08 Tilango Kabupaten Gorontalo dalam membaca permulaan dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 08 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui metode Latihan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan refleksi dalam empat kali pertemuan. Observasi awal tingkat kemampuan rata-rata siswa dalam membaca permulaan (29%) atau 6 orang siswa, dan (71%) atau 15 orang siswa yang belum mampu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui metode Latihan pada siklus I pertemuan I yang mampu 6 orang atau 29%, yang tidak mampu ada 15 atau 71%, Siklus I pertemuan II yang mampu 11 orang atau 52%, yang tidak mampu ada 10 atau 48%, Siklus II pertemuan I yang mampu 16 orang atau 76%, yang tidak mampu ada 5 atau 24%, sedangkan pada siklus II pertemuan II meningkat 20 orang atau 95 %, yang tidak mampu 1 orang atau 5%. Disimpulkan bahwa dengan melalui metode Latihan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 08 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat meningkat.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Latihan
ABSTRACT
Mohamad, Cintia. 2018. Improving Studentsâ Early Reading Ability by Using Practice Method at Grade II Elementary School SDN 08 Tilango, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. HJ. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Co-Supervisor: Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
This research is aimed at improving studentsâ early reading ability by using practice method at grade II SDN 08 Tilango, Gorontalo Regency; this is formulated from the problem statement of research.
This classroom action research was conducted in two cycles, consisting of planning, action, monitoring, and reflection in four meetings. The preliminary observation showed that six students (29%) were averagely able to read, yet 15 students (71%) were in the opposite. The results reveal that studentsâ early reading ability can be improved by applying the practice method by which 6 students (29%) have been able to do such an ability, yet 15 students (71%) have not in cycle I. Further, in cycle I of the second meeting, the percentage is increased that 11 students (52%) have an ability to read, and 10 students (48%) are on the contrary. In cycle II of the first meeting, there are 16 students (76%) who can read, and only five students (24) are not able to perform such an ability. Moreover, in cycle II of the second meeting, the number it goes up to 20 students (95%) can read, and only one student (5%) is on the contrary. In brief, the practice method can improve studentsâ early reading ability in the site area.
Keywords: Early Reading, Practice
Download berkas