Penulis / NIM
AMALIA POLI / 151414181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Amalia Poli, 2021. Efektivitas Penggunaan Model Picture And Picture Pada Pembelajaran PKN Di Kelas III SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penggunaan model picture and pictur efektif pada pembelajaran PKn di kelas III SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran PKn di kelas III SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan jenis penetilian kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture efektif pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari indikator efektivitas yang meliputi hasil belajar, kualitas pembelajaran, efektivitas waktu, motivasi guru, pengorganisasian materi, serta kemampuan pengelolaan kelas. Jika dibandingkan antara sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture terdapat peningkatan yang signifikan.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Picture and picure, PKn
Download berkas